Surabi coklat keju merupakan salah satu varian surabi yang memiliki banyak peminat. Surabi sendiri merupakan salah satu jajanan pasar yang sering dijumpai di beberapa daerah di Indonesia. Makanan ini sudah ada sejak tahun 1920 dan terkenal di Sunda dengan sebutan surabi. Selain di Jawa Barat, makanan ini juga dapat dijumpai di beberapa daerah di Indonesia dengan kekhasan masing – masing. Penasaran ingin tahu apa saja surabi yang terkenal? Berikut ini adalah beberapa jenis surabi yang ada di Indonesia.

Serabi Solo

Makanan ini bisa disebut sebagai serabi tertua di Indonesia. Serabi ini banyak dijumpai di kawasan Notokusuman, Solo sejak tahun 1923. Oleh karena itu,serabi menjadi salah satu oleh – oleh khas Solo. Serabi solo terbuat dari bahan tepung beras, pandan, gula, garam, dan santan. Serabi tersebut hanya tersedia dalam dua varian rasa yakni original dan coklat meses. Serabi solo juga berbeda karena tidak disajikan dengan kuah. Untuk penyajiannya, serabi ini disajikan dengan 2 cara yakni berupa gulungan dan lembaran.

Surabi Bandung

Hampir sama dengan serabi solo, makanan ini memiliki tekstur berpori tetapi lembut dan terasa mengenyangkan. Surabi bandung hadir dalam 2 varian rasa yakni manis legit dengan saus kinca dan gurih pedas dengan toping oncom.

 

Lihat Juga Jenis Jenis Surabi dari Kami

 

Serabi Kalibeluk

Ini adalah jajanan tradisional khas dari kabupaten Batang, Jawa Tengah. Jika dibandingkan serabi pada umumnya, serabi kalibeluk memiliki ukuran yang lebih besar. Serabi ini terbuat dari campuran tepung terigu dan santan. Tampilannya juga terlihat tebal, berserat, dan kenyal.

Serabi Bali

Bali juga memiliki kuliner tradisional seperti serabi. Serabi khas Bali sering dikenal dengan sebutan laklak. Makanan ini memiliki ciri khas berupa warnanya yang hijau. Jika serabi umumnya berbentuk bulat atau lingkaran, laklak berbentuk setengah lingkaran dan lebih tebal dibandingkan surabi pada umumnya. Biasanya, laklak disajikan dengan saus gula merah dan parutan kelapa.

Surabi Minang

Minang tidak hanya terkenal dengan masakan padang tetapi juga memiliki jajanan tradisional yang mirip dengan serabi. Surabi minang juga sering dikenal dengan sebutan pinukuik atau pancake atau panekuk. Makanan ini hampir sama seperti kue apem di Jawa Tengah. Surabi minang terbuat dari bahan tape singkong.

Serabi Betawi

Serabi betawi yang juga sering disebut dengan serabi Jakarta memiliki nama lain yaitu kue ape. Yang membedakan kue ini dengan kue serabi pada umumnya yaitu adonan kuenya terbuat dari telur, tepung terigu, dan santan. Kue serabi betawi identik dengan warna putih dan hijau.

Serabi Bogor

Surabi bogor juga sering disebut dengan surabi arab. Bentuk makanan ini hampir sama dengan surabi khas Bali. Namun campuran tepung beras dan tepung terigu pada adonan serabi ini akan ditambah dengan berbagai toping sesuai dengan selera mulai dari surabi coklat keju, meses, kismis, oncom, dan lain sebagainya. Bagkan ada serabi bogor yang disajikan dengan toping seperti pizza yaitu menggunakan tomat, paprika, bawang bombay, keju, dan smoke beef seperti pizza pada umumnya.

Serabi Ambarawa

Selain Solo, di Jawa Tengah juga ada varian serabi lainnya yaitu serabi ambarawa. Serabi dari daerah ambarawa ini sering dikenal dengan sebutan serabi kucur atau serabi kocor. Walaupun sama-sama dari Jawa Tengah, penyajian serabi ambarawa berbeda dengan serabi solo. Serabi ambarawa disajikan dengan juruh atau kuah gula merah. Selain itu serabi kucur juga memiliki tampilan yang khas dengan warna cokelat putih atau hijau putih. Sementara itu serabi solo hanya berwarna putih atau hijau saja.

Surabi Kasmaran

Surabi kasmaran merupakan surabi kekinian di Jawa Barat yang hadir dengan aneka pilihan toping. Anda dapat memesan surabi coklat keju atau rasa lainnya sesuai dengan keinginan. Surabi ini sudah populer di Jawa Barat dan menawarkan citarasa yang lezat. Kudapan ini cocok dinikmati dalam berbagai suasana dan disukai oleh berbagai kalangan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Tentunya surabi dengan toping coklat dan keju hanya dapat dijumpai pada serabi kasmaran karena serabi pada umumnya menggunakan toping kinca atau oncom.

 

Kunjungi Outlet – Outlet Kami :

Call Now
Whatsapp