Surabi merupakan salah satu makanan yang tidak pernah lekang oleh waktu. Makanan yang sudah ada bahkan sejak sebelum Indonesia merdeka ini memiliki citarasa yang lezat dan menggugah selera. Kelezatan surabi bahkan tidak kalah dengan berbagai jajanan kekinian dan makanan modern lainnya. Makanan ini dinamai dengan surabi karena diambil dari istilah sura yang berarti besar.

Jajanan ini dulunya muncul dalam acara perayaan besar di masa lampau, salah satunya adalah saat Isra Miraj. Walaupun belum ada data yang jelas mengenal asal mula makanan tradisional ini, surabi adalah kue tradisional yang dapat dijumpai di berbagai daerah di tanah air. Jika di Jawa Barat, surabi merupakan makanan khas Bandung dan Bogor. Sementara itu di Jawa Tengah, Solo dan Ambarawa juga mmeiliki sajian surabi. Surabi coklat merupakan salah satu varian surabi aneka rasa yang saat ini banyak diminati. Ada beberapa jenis coklat yang dapat digunakan untuk campuran adonan surabi maupun sebagai toping surabi yaitu sebagai berikut:

Cokelat Couverture

Jenis coklat ini terbuat dari biji kakao yang telah diproses menjadi cocoa mass atau pasta cokelat. Pasta ini kemudian diproses lagi menjadi 2 bagian yaitu cocoa butter atau cokelat mentega dan cokelat bubuk. Couverture merupakan jenis cokelat yang berkualitas tinggi. Cokelat tersebut dibuat dengan pasta cokelat dan mentega cokelat sehingga mampu menyuguhkan citarasa cokelat yang lebih kuat dibandingkan jenis cokelat lainnya.

Lihat Juga Jenis Jenis Surabi dari Kami

Cokelat couverture hadir dalam beberapa jenis yaitu semisweet, bittersweet, milk, dan white. Namun harga cokelat ini tergolong cukup mahal sehingga cukup jarang digunakan. Namun citarasanya yang nikmat mampu memberikan pengalaman kelezatan yang tak terlupakan.

Cokelat Compound

Cokelat ini terbuat dari lemak nabati dan bubuk cokelat. Kandungan cokelat compound memang tidak sebanyak couverture. Tetapi cokelat ini dibanderol dengan harga yang lebih terjangkau dan lebih mudah diolah. Cokelat compound juga dapat disimpan di suhu ruang. Oleh sebab itu, cokelat ini paling mudah dijumpai di supermarket atau toko kue. Jenis cokelat ini dapat digunakan sebagai toping surabi.

Dark Cooking Chocolate atau Cokelat Masak

Ini adalah cokelat compound yang mengandung biji kakao dengan komposisi lebih banyak. DCC terbuat dari bubuk cokelat, minyak nabati, dan sedikit mentega cokelat. Karena tidak ada tambahan susu atau gula, DCC memiliki citarasa yang cenderung pahit, berwarna gelap, dan pekat. Cokelat masak dapat dicampur ke dalam adonan surabi atau dijadikan sebagai toping.

Milk Cooking Chocolate atau Cokelat Susu

Sesuai dengan namanya, cokelat ini diperkaya dengan kandungan susu. Cokelat susu memiliki warna yang lebih terang dibandingkan cokelat masak. Cokelat ini juga memiliki tekstur yang lebih halus dan citarasanya lebih manis karena kandungan gulanya lebih banyak. Walaupun cokelat susu lebih sering disantap langsung, jenis cokelat ini juga dapat dijadikan toping untuk surabi coklat.

White Cooking Chocolate atau Cokelat Putih

Cokelat masak berwarna putih adalah jenis cokelat yang hadir dengan warna putih. Memiliki warna putih karena produk tersebut tidak menggunakan cokelat bubuk atau cocoa mass. Walaupun demikian, cokelat ini tetap mempunyai unsur cokelat yaitu mentega cokelat. Cokelat putih terdiri dari susu, mentega cokelat, vanili, dan gula.

Pasta Cokelat

Pasta cokelat merupakan produk sampingan biji kakao yang memiliki citarasa sangat pahit. Tetapi biasanya pasta cokelat masak sudah berupa ekstrak pasta cokelat. Pasta cokelat masak merupakan pasta cokelat yang telah melewati proses pabrik sehingga tidak murni dari biji kakao. Pasta cokelat masak memiliki tekstur yang cenderung cair. Jenis cokelat ini biasanya hanya digunakan untuk memberikan rasa dan aroma pada surabi.

Choco Chips

Cokelat masak ini juga dapat dijadikan sebagai toping yang menarik untuk surabi. Choco chips sebenarnya adalah DCC yang dicetak berbentuk bulat – bulat kecil. Adanya toping choco chips selain menjadikan surabi terasa lebih nikmat juga membuat tampilan surabi coklat terlihat lebih cantik. Choco chips untuk toping biasanya memiliki tekstur yang lebih padat dan lebih tahan panas sehingga tidak akan meleleh saat dipanaskan.

Meses

Cokelat yang satu ini mungkin menjadi jenis yang paling populer untuk toping surabi. Meses yang digunakan dapat berupa meses cokelat atau meses warna warni jika menginginkan tampilan yang menarik.

 

Kunjungi Outlet – Outlet Kami :